Ayo Gabung!

AYO GABUNG: Dokter_Mandiri_Sejahtera

Powered by us.groups.yahoo.com

Tuesday, January 06, 2009

'Konsep pelayanan Kedokteran/Kesehatan masa kini dan masa depan'

Yth Prof Emil Salim,

Dengan hormat,

Bersama ini saya sampaikan 'konsep pelayanan Kedokteran/Kesehatan masa kini dan masa depan' sebagai bagian dari konsep menuju Indonesia Sehat, dalam bidang 'private goods' (pelayanan kesehatan individu dan keluarga'komprehensif'), sebagai pidato orasi yang saya sampaikan pada Kongres Nasional Dokter Obstetri dan Ginekologi Indonesia, beberapa tahun yang lalu.

Bidang 'public goods' merupakan pekerjaan 'lintas sektor', seperti pengadaan air bersih, sanitasi, sampah, kesehatan dan kebersihan lingkungan, udara bersih, dan lain sebagainya, yang lebih banyak harus ditangani oleh para ahli kesehatan masyarakat (lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat).

Konsep ini pernah saya usulkan ke Bappenas, dan sesungguhnya telah masukdalam "PP Rencana Pembangunan Jangka Menengah dari Kabinet sekarang ini,2004-2009", namun rupanya belum sempat dilaksanakan. 'Text book' mengatakan,apabila masalah 'pelayanan kesehatan/Kedokteran primer' telah dapat dilaksanakan dengan baik, mencakup seluruh penduduk, maka sesungguhnya masalah kesehatan di masyarakat 80% sudah dapat ditanggulangi; 20% lagi adalah urusan 'pelayanan kesehatan/Kedokteran sekunder/dokter spesialis'.

Demikian sekedar informasi dari saya.

Wassalam,

F.A. Moeloek

No comments: