Ayo Gabung!

AYO GABUNG: Dokter_Mandiri_Sejahtera

Powered by us.groups.yahoo.com

Friday, April 12, 2013

Gonjang-ganjing Premi BPJS

Yang banyak disorot dan dikhawatirkan adalah besaran PBI (penerima bantuan iuran) alias orang miskin yang 86 juta (dan akan menurun sesuai dengan tingkat kemakmuran negara). Sisanya pegawai negeri, buruh, tani, TNI, polisi,  pegawai BUMN, sektor informal, pensiunan, veteran, dlsb ada lebih 100 juta penduduk. Ini preminya bervariasi dan besar2. BPJS adalah bandar (pool) saja yang ngumpulkan premi, berapa besarnya uang yang terkumpul di pot itu yang perlu dicermati.

Kita sebagai dokter jangan membicarakan uang, tapi kukuh pada kualitas layanan yang dicerminkan dalam kompetensi, credentialing, audit medik, keterampilan klinis, standarisasi pelayanan, sarana, prasarana, peralatan, obat rasional, evidence based, kriteria rujukan dan semua hal yang terkait dengan profesionalitas.

Kalau jualan mobil kita mesti tetap dijalur premium "mercedes", nah untuk itu ada harga, ada biaya. Itulah yang dinegosiasikan antara "mutu" (dokter) dan "pot" (BPJS). Pasti ada tarik ulur, Pemerintah lah yang akan jadi wasit karena keduanya kan rakyatnya juga, rakyat dokter dan rakyat pasien/penduduk.

Mari benahi dan konsentrasi di domain kita saja, SKDI keluaran KKI, 2012, coba ukur sudah dimanakah dokter umum kita (Level 4A)? Pilot juga ada setrip 1, 2, 3, 4 beda2 kompetensi dan beda2 pula imbal jasanya. Dokter umum juga begitu 70, 80, 90, 100% SKDI? Jangan ngarep dibayar pilot boeing 747 kalau kompetensinya cuman fokker 28

No comments: