Ayo Gabung!

AYO GABUNG: Dokter_Mandiri_Sejahtera

Powered by us.groups.yahoo.com

Tuesday, February 19, 2013

Gugur dalam Pengabdian: Dr. Meimun Hidayati


Almarhumah Dr Meimun adalah lulusan Fak Kedokteran UNPAD angkatan masuk 1993, dan lulus pada tahun 2000. Beliau lahir di Tegal, tanggal 11 Mei 1976.

Semenjak lulus sampai meninggalnya beliau PTT, berkeluarga dan menetap di sebuah tempat di Lampung tepatnya di Puskesmas Serupa Indah Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Way Kanan Lampung.  Lokasi puskesmas dengan pusat rujukan terdekat adalah 80 km, dimana 20 km-nya bisa ditempuh dalam waktu 2 jam karena beratnya medan yang mesti dilalui.

Pada hari Jumat tanggal 15 February 2013 sekitar pukul 21, almarhumah mengeluh mules akibat kehamilan putranya yang ke-4. Dan dikatakan oleh bidan setempat telah bukaan 8 longgar.  Almarhumah mengeluh sesak dan karena dianggap masih bagian dari proses persalinan oleh bidan maka dilakukan posisi miring ki-miring kanan.  Karena sesak terus berlangsung maka diputuskan untuk dilakukan rujukan ke rumah sakit terdekat dengan ambulance.  Namun sekitar pukul 22.45 almarhumah dinyatakan meninggal dalam perjalanan (DOA) sebelum mencapai rumah sakit.  Almarhumah dimakamkan di pemakaman yang berlokasi di sekitar tempat puskesmas dimana beliau mengabdi tersebut.

Atas jasa pengabdian almarhumah baik rasanya kita memberikan penghargaan setinggi-tingginya dan bagi keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan kekuatan.  Sebagai bagian dari alumni FK UNPAD, jiwa pengabdian almarhumah dapat dijadikan contoh teladan yang baik untuk diteladani.  Semoga kejadian ini bisa membawa hikmah, bahwa perlindungan terhadap tenaga kesehatan beserta fasilitas harus menjadi perhatian lebih serius  sehingga kejadian ini tidak terulang kembali.

Demikian lebih kurangnya mohon maaf.
 
Tulisan Dr. Wendy Nugraha, diambil dari milis FK-Unpad.

No comments: