Ayo Gabung!

AYO GABUNG: Dokter_Mandiri_Sejahtera

Powered by us.groups.yahoo.com

Tuesday, May 26, 2009

Skring Talasemia Gratis _ Jakarta, 27 Mei 2007

Dalam rangka memperingati Hari Thalassemia Sedunia dan HUT Yayasan Thalassemia Indonesia (YTI) yang jatuh pada bulan Mei ini, YTI memberikan kesempatan bagi masyarakat awam untuk menjalani pemeriksaan skrining thalassemia gratis.

Acara direncanakan akan berlangsung pada :
Hari/ tanggal : Rabu / 27 Mei 2009
Waktu : Pk. 09.30 s.d. selesai
Acara : Sosialisasi Thalassemia dan Skrining Thalassemia GRATIS

Sebagai informasi tambahan, thalassemia adalah penyakit kelainan sel darah merah bawaan yang disebabkan oleh berkurangnya atau tidak terbentuknya protein globin sebagai komponen utama penyusun sel darah merah. Hal ini menyebabkan usia sel darah merah menjadi lebih pendek sehingga menyebabkan anemia. Penyakit ini bersifat autosomal resesif, yaitu diturunkan dari kedua orang tua, dan bila kedua orang tua adalah pembawa sifat thalassemia, maka untuk setiap kehamilan ada kemungkinan 25% anak adalah penderita thalassemia.

Pembawa sifat thalassemia tidak memiliki ciri khusus, mungkin hanya sekedar anemia ringan. tetapi penderita thalassemia umumnya mengalami anemia dari ringan hingga berat, pucat, dan perut membesar. Penderita thalasemia mayor mulai terlihat sejak usia dini, mulai dari 6 bulan, umumnya memerlukan transfusi rutin 1-2 bulan sekali. Pembawa sifat thalassemia beta di Indonesia diperkirakan 5-10% dan kurang lebih 2000 bayi lahir per tahun adalah penderita thalassemia. Biaya yang dibutuhkan untuk perawatan optimal satu pasien thalassemia mayor mencapai 300 juta rupiah per tahun.

Oleh sebab itu, bila ada riwayat keluarga yang menderita thalassemia, sebaiknya seluruh keluarga diperiksa dengan skrining thalassemia yang meliputi CBC (complete blood count), analisis Hb dan pemeriksaan sediaan apus darah tepi. Meskipun tidak ada riwayat thalassemia di dalam keluarga, skrining thalassemia tetap dianjurkan bagi seluruh pasangan pra nikah, mengingat tinggi nya angka pembawa sifat thalassemia di Indonesia, dan pembawa sifat ini SAMA SEKALI SEHAT / TIDAK ADA KELUHAN.

Tidak ada salahnya mengetahui status Anda sebelum menikah. Kesempatan skrining thalassemia ini hanya berlaku satu hari saja.

PS : Registration will be based on : first come first serve !!!

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi :
Pusat Thalassemia FKUI-RSCMRS Cipto Mangunkusumo
JL.P. Diponegoro IndonesiaJakarta Pusat, Indonesia
Phone : (62-21) 3907744 (Mbak Ayu / Mas Kuat)
Fax : (62-21) 3914145

No comments: